Thursday 26 January 2012


Widget Translate Hebatnya blogger atau blogspot, blog hosting google ini selain gratis, kreatifitas untuk mengembangkan blog juga ditantang baik desain template maupun SEO nya. Kreatifitas itu muncul ketika keterbatasan, ketika penyedia layanan blog dalam hal ini blogger tidak sepenuhnya memberikan tool-tool, template, pages pada blogspot seperti masing-masing blogger inginkan, tidak seperti wordpress yang dilengkapi berbagai widget dan SEO yang lebih ketimbang blogspot.
Mengenai kreatifitas, kemarin saya baru buat sendiri widget penerjemah di blogger, yang sebelumnya saya membuat page contact di blogspot. Pada dasarnya widget penerjemah yang saya buat hanya menggunakan sebuah layanan dari google translate dari link blog kita ke beberapa bahasa. Tujuannya pasti kamu sudah tau, selain untuk memudahkan visitor yang kurang mengerti bahasa yang kamu pakai juga menjaring traffic ke blog kamu bukan hanya dalam lingkungan regional bahasa yang kamu pakai, tetapi juga widget bahasa yang ada diblog kamu. Seberapa penting kah widget translate? Menurut saya itu penting, karena blog-blog atau website yang paling digemari adalah website yang berbasis multi-language, dan buktinya situs-situs tersebut mampu menguasai pasar global. Lihat saja Google, yahoo, Facebook. dll.
Tapi kita tidak membahas website berbasis multi-language, kita hanya blog biasa yang menggunakan fasilitas google translate yang hanya untuk memahami suatu konten blog cross language. Google translate web hanyalah Machine Translation yang meng-convert suatu bahasa ke berbagai bahasa, yang pasti masih banyak kelemahannya dibanding Human Translation. Yang terpenting dari penggunaan widget ini adalah bisa menyampaikan pesan yang ada didalam blog kamu.
Kalau mau widget translatenya silahkan download, kamu bisa letakkan dimana kamu suka di blog kamu. Untuk kode HTML nya bisa kamu download disini. Untuk warna background kamu bisa ganti sesuai dengan background penempatan widget ini nantinya. kamu juga bisa menambah bahasa yang kamu inginkan dan pasyikan bahwa kode HTMLnya benar.

0 comments:

Post a Comment